TechnoNews: Komputer Simpel untuk Pensiunan

Gaya hidup multimedia tidak lagi didominasi kaum muda. Kini, kaum tua juga bisa dengan mudah mengoperasikan komputer, termasuk mengakses jaringan internet untuk menggali informasi di dunia maya. Wessex Computers Ltd, perusahaan komputer asal Inggris, meluncurkan komputer khusus bagi pengguna usia di atas 60 tahun.

Komputer yang diberi nama SimpliCITy ini memiliki enam tombol mudah yang mengarahkan pengguna untuk mengakses surat elektronik (e-mail) dan chatting (komunikasi langsung via internet). Bahkan untuk memudahkan pengguna yang sama sekali belum pernah menggunakan komputer, SimplicITy juga dibekali 17 video tutorial yang dibawakan mantan presenter televisi Inggris yang berusia 73 tahun, Valerie Singleton.

Berdasarkan survei di Inggris, enam juta orang di atas usia 65 tahun tidak pernah menggunakan komputer dan internet. Padahal jaringan internet bisa memudahkan berbagai urusan para pensiunan ini, mulai dari mengecek dana pensiun hingga membeli kebutuhan harian secara online. "Saya cukup terkejut ternyata banyak orang tua yang tidak bisa menggunakan komputer. Padahal di usia seperti saya, komputer sangat membantu kehidupan saya," kata Valerie Singleton, saat peluncuran SimplicITy, di London, kemarin.

Komputer SimplicITy ini memang dirancang tanpa memiliki log-in ketika mengoperasikannya, dan tidak berisi menu drop-down. Saat tombol power dinyalakan, sistem akan langsung masuk ke halaman utama yang disebut Square One yang berisi tombol e-mail, browsing web, file (kata untuk menyimpan dokumen dan foto dll), online chatting dan profil pengguna. Komputer yang memiliki basis operasi Linux ini dijual seharga 436 poundsterling atau sekitar Rp6,79 juta per unit.


Terima Kasih
admin suaveOnline

Share/Save/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

site info

recent comment

suaveOnline | Online Terruusss Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard