Inilah Penghargaan untuk Para Jawara Game

Hajatan penghargaan tertinggi untuk para insan industri video game internasional, Video Game Awards 2009 (VGA 2009) akan digelar untuk ketujuh kalinya pada 16 Januari 2010 mendatang. Malam penghargaan akan disiarkan langsung Animax Asia, saluran televisi berbayar yang menyajikan tayangan anime dan hiburan anak muda. Siapa pemenangnya, Anda juga yang akan turut menentukannya.

VGA adalah penghargaan tahunan yang diselenggarakan Spike TV untuk mengapresiasi kreativitas, kecanggihan, karya seni dan kinerja studio rumah produksi, seniman, kru dan para pendukung industri video game internasional.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Dewan Penasihat VGA (VGA Advisory Council)--yang terdiri atas para ahli di industri media video game termasuk GameTrailers.com, Game Informer, USA Today, Wired, Penny Arcade, GameSpot dan IGN--akan memilih video game, studio, pemeran dan kru terbaik.

Karya-karya yang diikutsertakan adalah karya yang dirilis antara 2 Desember 2008 hingga 23 November 2009. Karya itu dipilih untuk menjadi nominasi di 28 kategori penghargaan termasuk kategori paling bergengsi "Game Terbaik Tahun Ini" dan "Studio Terbaik Tahun Ini". Pemenang ditentukan berdasarkan hasil voting secara online.

Penghargaan lainnya adalah game musik terbaik, game menembak terbaik, game role-playing terbaik, game pertarungan terbaik, game olah raga individu terbaik, game olah raga tim terbaik, game adaptasi film atau acara TV terbaik, game mengemudi terbaik.

Kemudian Game Aksi Petualangan Terbaik, Grafis Terbaik, Soundtrack Terbaik, Suara Terbaik, Game Handheld Terbaik, Game XBOX 360 Terbaik, Game Wii, Game PS3 Terbaik, Game PC Terbaik, Skor Orisinil Terbaik, Game Multiplayer Terbaik.

Selanjutnya penampilan terbaik oleh Aktor dan Aktris Manusia, Game dengan Susunan Pemain Terbaik, Game Unduhan Terbaik, Downloadable Content Terbaik, Game Independen Terbaik, dan Game Paling Dinanti.

"Fans di seluruh dunia dapat menentukan pemenang VGA 2009 dengan memilih nominator favorit mereka di www.spike.com/event/vga2009, hingga 11 Desember 2009," kata Gregory Ho, Vice President dan General Manager, Animax Asia dalam siaran persnya.

Grogory Ho mengungkapkan, yang merajai daftar nominasi VGA 2009 di delapan kategori termasuk "Game Terbaik Tahun Ini" dan "Studio Terbaik Tahun Ini" adalah studio game Naughty Dog dengan karya game aksi petualangan "Uncharted 2: Among Thieves".

Sementara itu, game menegangkan "Batman: Arkham Asylum", produk game terbaru dari title Batman yang diproduksi Rocksteady Studios, mendapatkan nominasi di tujuh kategori termasuk "Game Terbaik Tahun Ini" dan "`Suara Terbaik" bagi Mark Hamill yang memerankan suara karakter The Joker.

Game thriller zombie "Left 4 Dead 2" karya Valve dan "Call of Duty: Modern Warfare", game menembak produksi Infinity Ward masing-masing mendapatkan nominasi di dua kategori.

Untuk kategori "Penampilan Terbaik oleh Aktor/Aktris Manusia dalam Video Game" menampilkan nominator bintang papan atas seperti Bill Murray sebagai Dr. Peter Venkman dalam game Ghostbusters: The Video Game; Hugh Jackman sebagai Wolverine dalam game X-Men Origins: Wolverine Uncaged Edition;

Kemudian Samuel L. Jackson sebagai Afro Samurai/Ninja Ninja dalam game Afro Samurai; Shia LaBeouf sebagai Sam Witwicky dan Megan Fox sebagai Mikaela Banes dalam game Transformers: Revenge of the Fallen (Activision Publishing), Vin Diesel sebagai Richard B. Riddick dalam game The Chronicles of Riddick: Assault on Dark Athena;

Eliza Dushku sebagai Rubi Malone in WET (Bethesda Softworks), Kristen Bell sebagai Lucy Stillman in Assassin’s Creed 2 dan Tricia Helfer sebagai Dare dalam Halo 3: ODST.

Menurut Gregory Ho, tahun 2009 banyak diluncurkan video game yang dibintangi selebriti papan atas, hal ini disebabkan video game telah berkembang sangat pesat dan bahkan menyaingi perkembangan industry perfilman dunia.

Menurut data yang didapatkan Animax Asia, industri video game merupakan salah satu industri yang paling pesat perkembangannya dibanding industri lain di dunia hiburan, berkembang hingga 26 persen pada 2008 hingga mencapai penghasilan 22,3 triliun dolar AS di Amerika.

Industri video game juga merupakan industri berskala internasional. Hasil penelitian Hudson Square pada 2008 menunjukkan, pada 2007 penghasilan industri video game global mencapai 37 triliun dolar AS, sedangkan di industri film lainnya hanya 26 triliun dollar As.

Bahkan hasil pendapatan dari peluncuran game baru jauh lebih besar dari hasil peluncuran film layar lebar.

Animax mendapatkan hak siar eksklusif di Asia acara ini yang akan tayang hari Sabtu, tanggal 16 Januari 2010 pukul 20.00 WIB. Selain penghargaan, acara ini akan menjadi ajang pemunculan dan demonstrasi perdana titel-titel video game terbesar dan paling ditunggu, termasuk "Halo: Reach".

Game terbaru tersebut (dari titel video game Trilogi Halo yang mencetak hit di seluruh dunia) dapat diakses melalui konsol Xbox, produksi Bungie dan Microsoft Game Studios, dan akan diluncurkan resmi pada musim semi 2010.

Selain itu, ada 11 video game lain yang akan diluncurkan dan ditayangkan pertama kali di dunia pada acara VGA 2009, di antaranya video game terbaru 2K, Activision, Disney Interactive Studios, Electronic Arts, LucasArts Entertainment, Microsoft Game Studios, THQ, Ubisoft, dan Warner Bros. dan Interactive Entertainment.

Video Game Awards 2009 tayang perdana di Animax Asia pada Sabtu, 16 Januari 2010, pukul 20.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

site info

recent comment

suaveOnline | Online Terruusss Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard