GlobalNews: Flu Babi Belum Usai, Flu Kuda Mengintai

Serangan virus influenza dari binatang terus berdatangan. Baru saja serangan flu burung (avian influenza) diatasi, dan flu babi (swine flu) sebentar lagi menjadi epidemi (wabah), kini sudah datang lagi kabar ada serangan virus yang datang dari binatang kuda.

Penyakit terbaru dari hewan yang diberi nama equine influenza itu menyerang tiga negara, yaitu Australia, Jepang, dan India. Di India telah menewaskan 43 kuda di negara bagian barat India Rajasthan dan Gujarat. Tahun lalu, pemerintah Provinsi Saga, Jepang, juga membatalkan perlombaan pacuan kuda menyusul berjangkitnya flu kuda pada sembilan kuda balap.

Sebelumnya, kecemasan akan merebaknya wabah flu kuda terjadi di Australia, setelah sedikitnya empat ekor kuda di Sydney dinyatakan positif terserang flu kuda, pertengahan Desember. Media Australia memperkirakan kuda-kuda itu tertular flu dari kuda asal Jepang yang bertandang ke Sydney.

Berdasarkan laporan laboratorium di Hissar, Haryana, di India utara," kematian kuda akibat serangan flu itu pertama terjadi pada Januari di Gandhinagar, Gujarat. Untuk mencegah penyakit tersebut tersebar luas, pemerintah Gujarat memutuskan melarang membeli dan menjual kuda di negara bagian itu. Di Rajasthan, 25 kuda tewas pada suatu pameran kuda di daerah Jodhpur, menurut laporan tersebut.

Flu Equine disebabkan oleh virus Influansa A yang endemik pada kuda.Virus tersebut bisa berpindah ke jenis hewan lain dan sampai kemarin belum diketahui menular pada manusia.

Influensa Equine ditandai dengan sangat tingginya penularan di antara kuda, dan mempunyai masa inkubasi relatif singkat, yakni satu sampai lima hari. Kuda yang terserang flu ini bisa mengembangkan gejala-gejala demam, batuk kering dan keluar ingus dari hidungnya.


Terima Kasih
admin suaveOnline

Share/Save/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

site info

recent comment

suaveOnline | Online Terruusss Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard