GlobalNews: Obama Ingin Ajak Keluarga ke Indonesia

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengungkapkan keinginannya untuk membawa serta istrinya Michelle Obama dan kedua anaknya Malia dan Natasha saat berkunjung ke Indonesia.

"Saya akan berkunjung ke Indonesia tahun depan dan saya harap Michelle dan anak-anak saya bisa berkunjung ke tempat saya (tinggal) dulu," kata Obama di akhir sesi pertemuan dwipihaknya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Hotel Shangri-La, Singapura, Minggu 15 November 2009 petang.

Presiden Obama melakukan pertemuan dwipihak dengan Presiden Yudhoyono lebih kurang 45 menit seusai penutupan pertemuan puncak ke-17 Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) dimana kedua negara menjadi anggotanya.

Dalam pertemuan dwipihak itu kedua kepala pemerintahan saling melemparkan pujian satu sama lain. Presiden Obama memuji kepemimpinan Presiden Yudhoyono serta Indonesia yang menjadi teladan dalam kehidupan demokrasi dan juga harmonisasi kehidupan umat beragama di Indonesia. Ia juga menyebut mengenai hubungan baik antara Amerika Serikat dan Indonesia yang telah terjalin lama.

Sementara itu Presiden Yudhoyono mengatakan bahwa Presiden Obama mengenal Indonesia dengan baik dan dia mendapat penghormatan luas di Indonesia. Presiden Yudhoyono juga mengucapkan terima kasih atas pandangan-pandangan baru Obama yang luas, terutama tentang umat Islam.

Dalam pertemuan tersebut masing-masing kepala pemerintahan didampingi oleh para menteri masing-masing. Kedua delegasi duduk berhadapan dengan jarak lebih kurang satu setengah meter tanpa terhalang meja.

Turut mendampingi Presiden Yudhoyono dalam pertemuan itu antara lain Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Menteri Perindustrian MS Hidayat. Sementara itu Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal berdiri di belakang Presiden Yudhoyono.

Pada kesempatan itu baik Presiden Yudhoyono maupun Obama mengenakan setelan jas berwarna hitam. Presiden mengenakan dasi berwarna biru sedangkan Obama mengenakan dasi berwarna hitam.

Mulanya beredar kabar bahwa Presiden Obama dijadwalkan untuk melakukan lawatan ke Indonesia pada November 2009, sebelum atau sesudah mengikuti pertemuan puncak APEC, dalam rangkaian tur ke Asia-nya.

Namun pada Oktober lalu, Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal menyebutkan bahwa Presiden Obama menunda kunjungannya ke Indonesia karena menginginkan suatu lawatan yang lebih emosional bukan sekedar suatu kunjungan yang terburu-buru.

Barack Obama yang menjadi presiden keturunan kulit hitam pertama AS pernah melewatkan masa kecilnya di Indonesia dan berayah tiri seorang WNI.

Oleh karena itu Obama memiliki banyak kenangan di Indonesia yang beberapa kali disebutnya dalam sejumlah kesempatan ingin kembali diulangnya, termasuk menikmati sejumlah makanan khas Indonesia.


Terima Kasih
admin suaveOnline

Share/Save/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

site info

recent comment

suaveOnline | Online Terruusss Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard