GlobalNews: Tentara Mengamuk Tembaki Rekan, 12 Tewas, 30 Cedera


Seorang tentara Amerika Serikat berpangkat mayor menembak rekan sendiri di pangkalan militer Fort Hood di Texas menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 30 lainnya.

Komandan pangkalan Letnan Jenderal Bob Cone, seperti dilansir BBC, Jumat (6/11), mengatakan pria bersenjata itu tidak mati namun dalam tahanan. Dua tersangka lainnya diperiksa namun pihak militer menyatakan hanya satu pria bersenjata yang terlibat insiden. Cone mengatakan, motif penembakan itu tidak diketahui. Salah seorang yang meninggal adalah polisi sedangkan lainnya tentara.

Presiden Barack Obama melukiskannya sebagai tindakan yang mengerikan. Sebelas orang semula dilaporkan tewas namun seorang yang terluka kemudian meninggal sehingga jumlahnya mencapai 12 orang.

Pelaku diketahui bernama Mayor Nidal Malik Hasan. Dia sekarang terluka setelah ditembak beberapa kali namun dalam kondisi stabil di tahanan. "Nyawanya tidak terancam," kata Letjen Cone.

Mayor Hasan dilaporkan sebagai seorang psikiater militer berusia akhir 30-an atau awal 40-an dan akan dikirim ke Irak.

Presiden Obama mengatakan Gedung Putih bekerja sama dengan Pentagon, FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri untuk menjamin pangkalan Fort Hood aman. Fort Hood, dekat kota Killeen adalah pangkalan terbesar Amerika di dunia. Pangkalan yang menampung 40.000 tentara ini terletak antara Austin dan Waco sekitar 100 kilometer dari kedua kota.

Letjen Cone menjelaskan tersangka memiliki dua senjata salah satunya senjata semi otomatis yang "mungkin menjelaskan tingkat penembakan".

Letjen Cone mengatakan dua tersangka lain dicegat di fasilitas di dekatnya namun saksi mata yang mengatakan kemungkinan terdapat lebih dari satu orang bersenjata, telah dikoreksi.

Seorang tentara di Fort Hood yang tidak mau disebut namanya mengatakan, "Saya mendengar pengumuman keadaan darurat melalui pengeras suara dan melihat orang masuk ke dalam gedung."

Kesatuan di Fort Hood termasuk yang akan dikirim ke Irak dan Afghanistan dan sebagian harus pulang dari sana. Pangkalan itu juga berfungsi sebagai tempat untuk menangani stress akibat perang.


Terima Kasih
admin suaveOnline

Share/Save/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

site info

recent comment

suaveOnline | Online Terruusss Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard