TechnoNews: Ropid, Robot Mungil Peniru 'Moon Walk' Jacko

Gaya moon walk ala Michael Jackson tak hanya bisa ditirukan manusia. Sebuah robot pun bisa melakukan gaya legendaris milik King of Pop yang sudah tiada itu.

Ropid -- demikian nama robot tersebut -- adalah sang peniru Jacko dari kalangan mesin-mesin bergerak. Dengan gerakan yang cukup lemah gemulai, Ropid terbukti mempesona ketika beraksi.

Untuk ukuran robot, Ropid memang bisa dikatakan sangat lincah. Gerakannya terlihat tak lagi menggambarkan bahwa otot-otot yang menggerakkannya berasal dari benda padat.

Tak ayal, Tomotaka Takahashi selaku pembuat menamakan ciptaannya tersebut 'Ropid'. Kata itu berasal dari kombinasi kata rapid (cepat) dan robot. Jadi Ropid diidentikkan dengan robot yang memiliki gerakan lincah.

Jumat (30/10/2009), Ropid memiliki tinggi sekitar 15 inchi, namun mampu melompat setinggi 3 inch. Dengan 'ototnya' yang lentur, robot humanoid ini juga mampu berlari dan bergerak berputar.

Dari segi tampilan, Ropid terbilang menggemaskan. Didominasi warna hitam dan coklat muda di bagian badan dan kepalanya, Ropid memiliki mata yang besar dan berkaki dua bak anak umur 3-4 tahun.

Ia juga memiliki kemampuan 'berbicara' dan menangkap sensor suara. Meski demikian, sensor suara yang dimilikinya belumlah sempurna. Hal itu terlihat ketika demo digelar. Saat perintah suara dilontarkan, beberapa kali Ropid tak bereaksi. Alhasil, perintah tersebut pun harus diulang agar bisa diterima oleh robot mungil ini.


Terima Kasih
admin suaveOnline

Share/Save/Bookmark

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

site info

recent comment

suaveOnline | Online Terruusss Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard