GlobalNews: Selamat Menikmati JIFFest 2009...

Perhelatan Jakarta International Film Festival atau JIFFest 2009, yang tahun ini memasuki usia ke-11, Jumat (4/12) resmi digelar. Film Sang Pemimpi (The Dreamers) garapan sutradara Riri Riza menandai dimulainya festival yang akan digelar hingga 12 Desember mendatang. Seluruh pemutaran film hanya dilakukan di Blitzmegaplex, Grand Indonesia, Jakarta.

Pemutaran Sang Pemimpi sebagai film pembuka menoreh catatan tersendiri. Ya, inilah tahun pertama film karya anak negeri menjadi film pembuka JIFFest. "Ini memang rekor baru, di mana JIFFest dibuka pertama kali oleh film Indonesia," kata Direktur Festival Lalu Roisamri dalam keterangan persnya, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dalam festival film yang diikuti oleh 24 negara dengan 114 film tersebut, semua film panjang Indonesia yang dirilis dari 1 Oktober 2008 hingga 30 September 2009 akan diseleksi untuk mengikuti Indonesian Feature Film Competition 2009 (IFFC 2009).

Selain IFFC, JIFFest 2009 juga akan menyuguhkan Madani Film Festival 2009, yang berisi film-film bertema Islam dari seluruh dunia dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat mengenai sisi-sisi lain dari Islam yang jarang ditampilkan di media massa. Beberapa film unggulan dari Madani Festival 2009 adalah Letters to the President, The 10 Conditions of Love, dan Muallaf, film kontroversial dari almarhum sutradara Yasmin Ahmad, yang akan dirilis perdana di ajang JIFFest 2009.

Letters to the President, film yang berkisah tentang pengamatan dari dekat tentang popularitas Presiden Iran Mahmoud Ahmedinejad di kalangan rakyatnya sendiri. Setiap tahun, hampir 10 juta warga Iran mengirimkan surat kepada Sang Presiden dengan harapan akan membawa kehidupan yang lebih baik. Meski namanya kian populer, kebijakan populis Sang Presiden belum terbukti ampuh meningkatkan kemakmuran warganya dari kemiskinan.

Letters to the President dan Muallaf merupakan dua dari lima film, selain At the And of Daybreak, Fugu, dan Max & Co yang bisa disaksikan untuk pertama kalinya oleh publik Tanah Air.

Selain menyuguhkan film-film bertema Islam, JIFFest juga akan menghadirkan film dokumenter lewat World Cinema Documentary. Dua di antaranya adalah karya pertama aktor Hollywod, Eric Banna, sebagai sutradara, yakni film Love The Beast dan film oto-dokumenter dari sutradara Perancis, Agnes Varda, The Beaches of Agnes.

Tak hanya kegiatan pemutaran film, JIFFest juga akan menggelar sejumlah kegiatan lain, seperti master class bertema "Making Documentary of Conflict Areas" bersama Petr Lom, sutradara Letters to the President, dan Swiss Design in Hollywood Exhibition yang akan menampilkan hasil karya para desainer grafis dan visual dari seniman Swiss di film-film Holywood.

Jadwal Pemutaran:

Letter to the President: Senin (7/12) / Blitzmegaplex 11 / 15.30

The 10 Conditions of Love: Sabtu (5/12) / Blitz 11 / 15.30 - Rabu (9/12) / Blitz 11 / 18.30

Muallaf: Sabtu (11/12) / Blitz 11/ 16.00


Terima Kasih
admin suaveOnline

Share/Save/Bookmark


0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

site info

recent comment

suaveOnline | Online Terruusss Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard